Caringin Tilu Bandung

Caringin Tilu merupakan area pelancongan yang berada di wilayah Bandung Utara, tepatnya berada di Kawasan Cimenyan, berjarak sekitar 5 km dari objek pelancongan Saung Angklung Udjo - Padasuka. Caringin Tilu banyak dikunjungi para wisatawan lokal, oleh karena pemandangannya yang begitu eksotis, siang hari maupun malam pemandangan Caringin Tilu tampak sangat mengagumkan.
 wisata bandung
Seperti halnya lokasi pelancongan alam lainnya di Bandung, Caringin Tilu pun terlihat begitu menonjol ihwal pelancongan alam dengan dominannya cartilpegunungan yang menghampar dan saling terkait satu sama lainnya, juga berumpak. Secara geografis wilayah Caringin Tilu termasuk dalam kawasan Bandung Utara. Caringin Tilu menjadi salah satu lokasi terbaik guna menikmati pelancongan alam penggunungan di dataran tinggi Bandung. Dari lokasi ini pula, cakrawala dari ujung timur hingga ke barat wilayah Cekungan Bandung yang dikurung pegunungan, terlihat jelas.

Pelancongan Caringin Tilu ini ibarat sebuah intan yang terpendam dalam lumpur karena memiliki potensi wisata yang sangat potensial namun belum terekspos secara maksimal. Jangankan oleh orang luar Kota Bandung, konon, orang-orang Bandung sendiri banyak cartil bandungyang mengernyitkan dahi ketika disinggung soal Caringin Tilu padahal jaraknya hanya sepelemparan batu. Sebagaimana telah disebutkan bahwa secara administratif kawasan wisata Caringin Tilu termasuk dalam kawasan Bandung Utara. Untuk mencapai lokasi, akses jalan terdekat justru dapat ditempuh dari Kota Bandung. Hanya diperlukan sekitar 40 menit dari pusat kota, melalui Jalan Padasuka (Cicaheum) terus menanjak ke arah utara. Perjalanan singkat itu hingga tiba ke lokasi sangat kontras dengan hiruk pikuk di Kota Bandung.




Sumber : Bandung Tourism

Tiada ulasan:

Catat Ulasan