Distro Bandung

Distro, singkatan dari distribution store,atau distribution outlet,adalah jenis kedai di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesori yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Distro umumnya merupakan industri kecil dan menengah (IKM)  denganshoping bandung merk independen yang dikembangkan kalangan muda.Produk yang dihasilkan oleh distro diusahakan untuk tidak diproduksi secara massal, agar mempertahankan sifat eksklusif suatu produk dan hasil kerajinan.
Konsep distro berawal pada pertengahan 1990-an di Bandung. Saat itu band-band independen (Indie) di Bandung berusaha menjual merchandise mereka seperti CD/kaset,t-shirt, dan sticker selain di tempat mereka melakukan pertunjukan. Bentuk awal distro adalah usaha rumahan dan dibuat etalase dan rak untuk menjual t-shirt. Selain komunitas musik, akhirnya banyak komunitas lain seperti komunitas punk dan skateboard yang kemudian juga membuat toko-toko kecil untuk menjual pakaian dan aksesori mereka. Kini, industri distro sudah berkembang, bahkan dianggap menghasilkan produk-produk yang memiliki kualitas ekspor. Pada tahun 2007 diperkirakan ada sekitar 700 unit usaha distro di Indonesia, dan 300 diantaranya ada di Bandung
Factory outlet BandungAgak sulit mengatakan di mana distro paling keren di bandung  karena kebanyakan atau sebagian besar distro di Bandung telah memiliki penggemar tersendiri dengan target pasar yang berbeda-beda. Distro di kota Bandung sangat banyak dan hampir bisa kita temukan di berbagai tempat di sudut kota Bandung.
Kawasan jalan Riau, jalan Sultan Agung, Jalan Sulanjana dan jalan Dago menjadi primadona tempattempang shoping kat bandung distro keren. Kawasan ini adalah surga belanja produk distro dengan harga yang terjangkau, hal yang paling khas dan tak terlupakan adalah desain tokonya. Setiap distro memiliki konsep toko yang berbeda dan unik. Distro di Bandung sangat memperhatikan desain interior dan eksteriornya demi kenyamanan para pengunjung. Kebanyakan distro menyediakan tempat duduk untuk beristirahat bagi pengunjung yang lelah berbelanja atau bagi para pengantar yang datang hanya untuk mengantarkan berbelanja. Meskipun sepele, penyediaan tempat duduk ini sangat disukai para pengunjung. Ada pula distro yang melengkapi tokonya dengan kafe atau tempat rehat. Konsep ini sangat ampuh sebagai penarik pengunjung untuk datang berbelanja. Setelah lelah berbelanja, pengunjung langsung dapat memulihkan tenaga dengan makan dan minum di tempat itu juga.
shoping kat bandungBeberapa distro di Bandung juga ada yang dibuat berkonsep unik. Tema superhero misalnya, bagian interiornya dipenuhi mural gambar superhero yang sangat mencolok. Pengunjung seakan tidak sedang berada di toko pakaian, namun seperti berada dalam wahana permainan. Sangat menarik dan dapat menjadikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.
Salah satu distro pertama dan terbesar di bandung adalah UNKL347 yang dimiliki oleh dedengkot distro Indonesia yaitu Dendy Darman. Distro ini terletak di jalan Jl Trunojoyo 4, Citarum Bandung. Selain UNKL347 ada pula OUVAL RESEARCH yang namanya sudah mendunia. Toko ini berlokasi di jalan Buah batu no 64 Bandung. Tak jauh dari kawasan jalan merdeka terdapat outlet distro milik BLACKID, KICK DENIM, DIERY yang sudah terkenal se-Indonesia.Distro keren lainnya di kota Bandung tentu sajakasut bandung adalah Peter Say Denim atau PSD. Brand local asli Bandung ini bahkan telah mendunia. Produknya telah dipakai selebritis dunia, seperti artis Hollywood dan beberapa musisi ternama. Suatu kebanggaan bagi kita, karena produk local ternyata juga mendapat tempat di dunia internasional.


Sumber : Wikipedia dan berbagai sumber lain

Tiada ulasan:

Catat Ulasan